Magister Pendidikan Matematika

More Information

Status Akreditasi Bisa dilihat disini

Profil Prodi

Pendirian Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan bentuk kepedulian kami untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya untuk memenuhi kebutuhan dosen atau guru pendidikan matematika yang mampu mengintegrasikan IT ke dalam pembelajaran matematika dan content knowledge. Program studi ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap menjadi akademisi pendidikan matematika, peneliti dan konsultan. Guna mewujudkan karakteristik lulusan tersebut telah dirancang kurikulum yang relevan dan didukung dengan SDM yang capable dalam bidangnya serta tersedianya sarana pembelajaran utama seperti laboratorium komputasi, laboratorium pembelajaran matematika dan laboratorium microteaching. Program studi ini didirikan tahun 2022, dengan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 740/E/O/2022 tanggal 18 Oktober 2022. Di samping itu, Program studi telah menerima surat keputusan Direktur Dewan Eksekutif
BAN PT Nomor 10555/SK/BAN-PT/Ak.P/M/XII/2022 yang memutuskan peringkat akreditasi Program Stdi Pendidikan Matematika pada program Magister telah memenuhi syarat peringkat Akreditasi Baik.

VISI

Mengembangkan Pendidikan Matematika dengan mengintegrasikan sains, teknologi, dan kearifan lokal untuk menghasilkan lulusan yang berkepribadian islami dan berdaya saing global.

 

 

 

 

 

 

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan matematika sistematis, dan kreatif berbasis nilai-nilai Islami dan kearifan lokal dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran matematika.
  2. Mengembangkan pemikiran logis dan kritis melalui penelitian pendidikan matematika untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika dan pembelajarannya dengan mengintegrasikan sains, teknologi, kearifan lokal, dan nilai-nilai islam
  3. Mengembangkan pemikiran dan argument saintifik secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik dengan perspektif global untuk mengatasi permasalahan pendidikan matematika di masyarakat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran matematika yang inovatif dan kreatif dengan mengintegrasikan sains, teknologi, kearifan lokal, dan nilai-nilai islam
  2. Menghasilkan inovasi melalui riset di bidang pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan sains, teknologi, kearifan lokal, dan nilai-nilai islam untuk menjawab tantangan global.
  3. Menghasilkan layanan kepakaran berbasis riset kepada masyarakat untuk memecahkan permasalahan pembelajaran matematika pada level lokal, nasional, maupun global.

PROFIL PROFESIONAL MANDIRI (PPM)

  1. Dosen atau guru Pendidikan matematika ayang mampu mengintegrasikan sains, teknologi, dan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika.Lulusan berkompeten mengembangkan riset dan teknologi berbasis kearifan lokal dengan interaksi multidisiplin.
  2. Dosen atau guru Pendidikan matematika yang mampu mengintegrasikan sains, teknologi, dan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika.
  3. Perancang dan pengembang bahan ajar dan media pembelajaran matematika berbasis IT

KURIKULUM

Semester I

  1. Al Islam dan Kemuhammadiyahan             (0 SKS)
  2. Problematika Pembelajaran Matematika  (2 SKS)
    (Problems of Mathematics Learning)
  3. Filsafat Pendidikan Matematika                  (2 SKS)
    (Philosophy of Mathematics Education)
  4. Statistika Multivariat                                     (2 SKS)
    (Multivariate Statistics)
  5. Aljabar Linear                                                 (2 SKS)
    (Linear Algebra)
  6. Multimedia Pendidikan Matematika          (3 SKS)
    (Mathematics Education Multimedia)
  7. Penelitian Pendidikan Matematika             (3 SKS)
    (Research in Mathematics Education)

Semester II

  1. Sistem Manajemen Pembelajaran             (2 SKS)
    Matematika (Learning Management
    System of Mathematics)
  2. Pendidikan STEM                                          (3 SKS)
    (STEM Education)
  3. Pendidikan Matematika Realistik               (3 SKS)
    (Realistic Mathematics Education/RME)
  4. Pengembangan Bahan Ajar elektronik     (2 SKS)
    Matematika (Development of
    Mathematics Electronic Teaching
    Materials)
  5. Seminar Proposal Tesis                               (2 SKS)
    (Thesis Proposal Seminar)
  6. Seminar Proposal Tesis                               (2 SKS)
    (Thesis Proposal Seminar)

Semester III

  1. Analisis Real                                                 (2 SKS)
    (Real Analysis)
  2. MK Pilihan II                                                 (2 SKS)
    (Elective courses II)

Semester IV

  1. Tesis                                                              (6 SKS)

Mata Kuliah Pilihan

  1. MK Pilihan II                                                 (2 SKS)
    (Elective courses II)
  2. Kurikulum dan Pembelajaran                   (2 SKS)
    Matematika (Mathematics Curriculum
    and Learning)
  3. Perangkat Lunak Pembelajaran               (2 SKS)
    Matematika (Math Learning Software)
    *)
  4. Geometri                                                      (2 SKS)
    (Geometry) *)
  5. Asesmen Pembelajaran Matematika*)   (2 SKS)
    (Mathematics Learning Assesment)
  6. Etnomatematika                                         (2 SKS)
    (Ethnomathematics) *)

Staff Pengajar

NoNamaPendidikan S3
1Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom
2Prof. Dr. Sutama, M.Pd
3Dr. Sumardi, M.Si.
4Dr. Nining Setyaningsih, MSi
5Dr. Masduki, S.Si., M.Si
6Dr. Muhammad Noor Kholid, S.Pd., M.Pd.
7Dr. Yulia Maftuhah Hidayati, MPd

BIAYA PENDIDIKAN

  • Biaya pendidikan : Rp. 7.800.000 per semester (Untuk Tahun Akademik 2023/2024)
  • Biaya Pengembangan Institusi : Rp. 0 (Tidak ada)
  • Biaya Ujian Tesis : Rp. 0 (Tidak ada).

Hubungi Kami

Scroll to Top